KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri I Purwosari
Kelas/ Semester : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
NO | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake Siswa | KKM |
1 | Menerapkan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qamariyah | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qamariyah | Hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qamariyah | 2 | 2 | 3 | 77.78 |
1.2 Membedakan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah. | 2 | 2 | 3 | 77.78 | |||
1.3 Menerapkan bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar. | 2 | 2 | 3 | 77.78 | |||
2 | Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT | 2.1 Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah. | Iman kepada Allah SWT | 2 | 2 | 2 | 66.67 |
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
3 | Memahami Asmaul Husna | 3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna. | Sepuluh Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur). | 3 | 2 | 2 | 77.78 |
3.2 Mengamalkan isi kandungan sepuluh Asmaul Husna. | 2 | 2 | 3 | 77.78 | |||
NO | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake Siswa | KKM |
4 | Membiasakan prilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar) | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
4.3 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
5 | Memahami ketentuan- ketentuan thaharoh | 5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum. | Thaharoh (bersuci) | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib. | 2 | 3 | 2 | 77.78 | |||
5.3 Menjelaskan perbedaan hadats dan najis. | 2 | 3 | 2 | 77.78 | |||
6 | Memahami tata cara shalat wajib | 6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib. | Shalat wajib | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
6.2 Mempraktik-an shalat wajib. | 2 | 2 | 3 | 77.78 | |||
7 | Memahami tata cara shalat berjama’ah dan munfarid (sendiri). | 7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri). | Shalat berjama’ah | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
7.2 Mempraktik-an shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri). | 2 | 3 | 2 | 77.78 | |||
8 | Memamhami sejarah Nabi Muhammad SAW | 8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW | Sejarah Nabi Muhammad SAW | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa. | 2 | 3 | 2 | 77.78 | |||
NO | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake Siswa | KKM |
9 | Menerapkan hukum bacaan “Nun” mati/ tanwin dan “Mim” "mati | 9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. | Hukum bacaan “Nun” mati/tanwin dan “Mim” mati. | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. | 2 | 3 | 2 | 77.78 | |||
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar. | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
10 | Meningkatkan keimanan kepada Malaikat Allah SWT | 10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat. | Iman kepada Malaikat Allah SWT | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat. | 2 | 3 | 2 | 77,78 | |||
11 | Membiasakan perilaku terpuji | 11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti. | Perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet dan teliti) | 2 | 3 | 2 | 77.78 |
11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti. | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti. | 2 | 2 | 2 | 66.67 | |||
12 | Memahami Tatacara shalat jum’at | 122.1 Menjelaskan ketentuan- ketentuan shalat jum’at. | Tatacara Shalat jum’at | 2 | 3 | 3 | 77.78 |
12.2 Memprraktikkan shalat jum’at | 2 | 3 | 3 | 77.78 | |||
13 | Memahami Tatacara shalat jamak dan qashar | Menjelaskan tatacara shalat jamak dan qashar. | Tatacara shalat jamak dan qashar | 2 | 3 | 3 | 77.78 |
Mempraktikkan shalat jamak dan qashar | 2 | 3 | 3 | 77.78 | |||
NO | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake Siswa | KKM |
14 | Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 14.1 Menjelaskan misis Nabi SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat | Sejarah Nabi Muhammad SAW | 3 | 3 | 2 | 77.78 |
14.2 Menjelaskan misi Nabi sebagai rrahmat bagi seluruh alam, pembawa kedamaian, keseejahteraan dan kemajuan masyarakat | 3 | 3 | 2 | 77.78v | |||
14.3 Meneladani perjuangan Nabi SAW dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah | 3 | 3 | 2 | 77.78 | |||
JUMLAH | 966.67 | ||||||
RATA- RATA KKM | 75.27 |
Mengetahui Kepala Sekolah DRS. DALIDJAN Nip: 1956110119900301001 | Purwosari, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran JONDRA PIANDA Nip: |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar