S I L A B U S
Sekolah : SMP Negeri I Purwosari
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi (Al-Qur’an): 1. Menerapkan Hukum Bacaan Al- Syamsiyah dan AL- Qamariyah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
1.1. Menjelaskan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qamariyah | Hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah | Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah. | Menjelaskan pengertian hukum bacaan Al- Syamsiyah secara mandiri dengan percaya diri dengan bahasa yang santun. | Tes tulis | Pilihan ganda dan uraian | Apakah arti lafal Syamsiyah? Bagaimana cara membaca bacaan idgham syamsiyah? Jelaskan! | 1 x 40 Menit | E.J.S.W, DD, EE | Mandiri, percaya diri, santun, cermat, berfikir logis dan kritis, bertanggungjawab dan santun. |
Menyebutkan contoh-contoh bacaan Al- Syamsiyah secara mandiri dengan percaya diri. | Tes tulis | Di antara bacaan Al- Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali: a. b. c. d. | |||||||
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Al- Qamariyah secara mandiri dengan percaya diri dengan bahasa yang santun. | Tes tulis | § Apakah arti lafal Qamariyah? § Bagaimana cara membaca bacaan izhar qamariyah? Jelaskan! | |||||||
Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan Al- Qamariyah secara mandiri dengan percaya diri. | Tes tulis | Di antara bacaan Al- Qamariyah seperti di bawah ini, kecuali: a. b. c. d. | |||||||
1.2 Membedakan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah. | Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum bacaan Al- Syamsiyah dengan hukum bacaan Al- Qamariyah. | Murid mampu membedakan lafaz yang mengandung Al- Syamsiyah dengan Al-Qamariyah dari segi tulisan secara mandiri dengan percaya diri, kritis dan bertanggungjawab. | Tes tulis | Pilihan ganda | § Lafaz mengandung bacaan Al … a. Ikhfai syafawi b. Izhar qamariyah c. Idgham syamsiyah d. Izhar halqi § Lafaz mengandung bacaan Al … a. Ikhfai syafawi b. Izhar qamariyah c. Idgham syamsiyah d. Izhar halqi | 1x 40 Menit | E.J.S.W, DD, EE | Mandiri, percaya diri, santun, cermat, berfikir logis dan kritis, bertanggungjawab dan santun. | |
Murid mampu membedakan lafaz yang mengandung Al- Syamsiyah dengan Al-Qamariyah dari segi bacaan secara mandiri dengan percaya diri, kritis dan bertanggungjawab. | Tes tulis | Soal uraian | § Ketika membaca Al Syamsiyah, bunyi lam- nya melebur kedalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca Al Qamariyah, bunyi lainnya… | ||||||
1.3 Menerangkan bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar. | Siswa menelaah QS. al- Dluha dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan contoh-contoh hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah. | Murid mampu mempraktikkan bacaan Al- Syamsiyah dalam QS. al- Dluha secara mandiri atau kolektif dengan percaya diri dan santun. | Tes unjuk kerja | Identifikasi | Carilah bacaan-bacaan Al- Syamsiyah dalam QS. al- Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian! | 2 x 40 Menit | E.J.S.W, DD, EE | Mandiri/ kolektif, percaya diri, berfikir logis dan kritis, cermat bertanggungjaw-ab dan santun. | |
Murid mampu mempraktikkan bacaan Al-Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat secara mandiri atau kolektif dengan percaya diri dan santun. | Tes unjuk kerja | Identifikasi | Carilah bacaan-bacaan al- Qamariyah dalam QS. al- ‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja anda! |
Mengetahui Kepala Sekolah DRS. DALIDJAN Nip: 1956110119900301001 | Purwosari, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran JONDRA PIANDA Nip: |
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT Melalui Pemahaman Sifat- Sifat-Nya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
2.1 Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah. | Iman kepada Allah | Siswa membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan iman kepada Allah serta mempelajari arti dan kandungan isinya. | Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud). | Tes Literal | Praktik | Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud)! | 2 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Menyebutkan dan menghafal |
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, MukhAlafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah). | Tes Literal | Praktik | Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat Baqa’! | ||||||
Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan KAlam). | Tes Literal | Unjuk kerja | Bacalah dengan fasih ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah ini: | ||||||
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT | Siswa mencari ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar. | Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud). | Tes tulis | Pilihan ganda | Ayat al-Qur’an yang berbunyi: menunjukkan sifat Allah: a. Wujud b. Wahdaniyah c. Qudrah d. Iradah | 2 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Menyebutkan dan memahami. | |
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat sAlbiyah (Qidam, Baqa’, MukhAlafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah). | Tes tulis | Pilihan ganda | Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat ini adalah: a. b. c. d. | ||||||
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu dst.) | Tes Literal | Jawaban singkat | Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat sama’ di bawah ini: | ||||||
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT | Siswa mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya. | Menjelaskan pengertian iman kepada Allah. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan pengertian iman kepada Allah! | 1 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Mengenal, mengamati, berfikir logis dan mengkritisi | |
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta. | Penugasan | Pekerjaan rumah | Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam satu minggu lalu buatlah laporannya! | ||||||
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-Nya! | ||||||
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli. | Penugasan | Pekerjaan rumah | Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah SWT | ||||||
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT | Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal. | Tes tulis | Pilihan ganda | Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh disebut: a. sabar b. ikhtiar c. tawakkal d. qana’ah | 1 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Menerapkan | |
Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah dan sebutkan bukti-bukti konkretnya! | ||||||
Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan! |
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna. | 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) | Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Qur’an terkait dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur). | Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur). | Tes Literal | Praktik | Bacalah ayat-ayat al-Qur’an dengan fasih yang berkaitan dengan salah satu Asmaul Husna (Al-‘Aziz)! | 2 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Memahami dan menghafal |
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur). | Tes tulis | Jawaban singkat | Terjemahkan ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna (Al-Aziz): | ||||||
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna. | Siswa berdiskusi tentang bentuk-bentuk pengamalan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur). | Menjelaskan pengertian Asmaul Husna. | Kuis | Jawaban singkat | Jelaskan arti Asmaul Husna dari segi bahasa! | 2 x 40 Menit | X.T.R.Q. J.G.E | Menerapkan | |
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga. | Penugasan | Pekerjaan rumah | Tunjukkan satu contoh aktivitas di keluargamu yang mencerminkan pengamalan dari salah satu Asmaul Husna (Al-Wahhab)! | ||||||
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah. | Tes unjuk kerja | Simulasi | Tunjukkan aktivitas-aktivitas di sekolahmu yang mencerminkan pengamalan salah satu dari 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)! | ||||||
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat. | Penugasan | Pekerjaan rumah | Survey di masyarakat tentang berbagai aktivitas yang merupakan pengamalan dari 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur), lalu buatlah laporannya! |
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan Perilaku Terpuji.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Waktu Alokasi | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar) | Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan pengertian tawadlu dan tunjukkan dalilnya! | 2 x 40 Menit | C.I.J.K.P.U | Mengenal, mengamati dan mengkritisi. |
Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan pengertian taat dan tunjukkan dalilnya! | ||||||
Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan pengertian qana’ah dan tunjukkan dalilnya! | ||||||
Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan pengertian shabar dan tunjukkan dalilnya! | ||||||
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan sikap tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar. | Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu. | Tes tulis | Pilihan ganda | adalah dalil naqli tentang sifat: a. Sabar b. Tawadlu c. Taat d. Qana’ah | 2 x 40 Menit | C.I.J.K.P.U | Mengidentifikasi dan menyebutkan | |
Menampilkan contoh-contoh perilaku taat. | Tes Literal | Jawaban singkat | Berilah contoh satu perbuatan yang menunjukkan perilaku taat kepada Allah! | ||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah. | Tes tulis | Pilihan ganda | Orang yang selalu merasa cukup terhadap pemberian Allah dinamakan: a. Taat b. Tawakal c. Tawadlu d. Qana’ah | ||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar. | Tes Literal | Jawaban singkat | Tunjukkan satu perilaku sabar ketika kalian mendapatkan musibah! | ||||||
4.3 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar. | Siswa memPraktik-kan perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah. | Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga! | 2 x 40 Menit | C.I.J.K.P.U | Menerapkan | |
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah! | ||||||
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami Ketentuan-Ketentuan Thaharah (Bersuci).
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum. | Thaharah (bersuci) | Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang thaharah. | Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi. |
Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya! | ||||||
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum. | Tes tulis | Pilihan ganda | Di antara hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum adalah: a. Makan b. Minum c. Buang air kecil d. Muntah | ||||||
Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan tatacara wudlu dan tayammum! | ||||||
MemPraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | Demontrasikan tatacaa wudlu dan tayammum dengan benar di depan kelas! | ||||||
Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan perbedaan antara wudlu dan tayammum! | ||||||
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib. | Siswa memPraktikkan berbagai macam ketentuan thaharah dengan diawasi oleh gurunya. | Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi | |
Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib. | Tes tulis | Pilihan ganda | Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan seseorang ketika: a. Buang air besar b. Shalat Jum’at c. Hadats besar d. Shalat fardlu | ||||||
Menjelaskan tatacara mandi wajib. | Tes Literal | Jawaban singkat | Jelaskan tatacara mandi wajib dengan singkat! | ||||||
Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat. | Tes unjuk kerja | Praktik | Demonstrasikan mandi wajib secara singkat di hadapan teman-teman kalian! | ||||||
5.3 Menjelaskan perbedaan hadats dan najis. | Siswa mengidentifikasi berbagai contoh hadats dan najis sehingga mampu membedakan antara keduanya. | Menjelasakan pengertian hadats dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya. | Tes tullis | Uraian | Jelaskan pengertian hadats dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengidentifikasi dan membedakan. | |
Menyebutkan macam-macam hadats dan cara mensucikannya. | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan macam-macam hadats dan cara mensucikannya! | ||||||
Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya. | Tes tulis | Pilihan ganda | Kencing anak kecil yang belum berumur dua tahun dan belum makan apa-apa selain air susu ibu dinamakan najis: a. Mukhaffafah b. Mutawasithah c. Mughallazhah d. Mutmainnah | ||||||
Menyebutkan perbedaan antara hadats dan najis. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan perbedaan antara hadats dan najis! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami Tata Cara Shalat Wajib.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib. | Shalat wajib | Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat memahami ketentuan tentang shalat wajib dengan lengkap. | Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi |
Menyebutkan syarat-syarat shalat. | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan syarat-syarat shalat! | ||||||
Menyebutkan rukun-rukun shalat. | Tes tulis | Pilihan ganda | Membaca takbiratul ihram ketika shalat merupakan salah satu ... shalat. a. Wajib b. Rukun c. Sunnah d. Mubah | ||||||
Menyebutkan sunnah-sunnah shalat. | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan beberapa sunnah shalat! | ||||||
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat. | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan beberapa hal yang membatalkan shalat! | ||||||
6.2 Mempraktik-an shalat wajib. | Siswa memPraktikkan shalat wajib di hadapan gurunya. | Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib). | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib)! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Menerapkan | |
Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok. | Tes Literal | Jawaban singkat | Tunjukkan salah satu bacaan pokok (wajib) dalam shalat! | ||||||
Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat. | Tes unjuk kerja | Praktik | Peragakan gerakan ruku’ dan i’tidal yang benar! | ||||||
MemPraktikkan shalat wajib secara benar. | Tes unjuk kerja | Praktik | Praktikkan shalat wajib (shubuh) dengan benar di hadapan teman-temanmu! |
Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami Tata Cara Shalat Jama’ah dan Munfarid (Sendiri).
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri). | Shalat Berjama’ah | Siswa berdiskusi dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang lengkap tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya. | Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi |
Menjelaskan pengertian shalat munfarid. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan pengertian shalat munfarid! | ||||||
Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid! | ||||||
Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah. | ||||||
Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah. | Tes tulis | Jawaban singkat | Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah! | ||||||
7.2 Mempraktik-an shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri). | Siswa memPraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid bersama teman-temannya di sekolah. | Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah. | Tes Literal | Jawaban singkat | Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Menerapkan | |
Menjelaskan tatacara shalat munfarid. | Tes Literal | Jawaban singkat | Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid! | ||||||
MemPraktikkan shalat berjama’ah di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah bersama teman-teman kalian! | ||||||
MemPraktikkan shalat munfarid di sekolah. | Tes unjuk kerja | Praktik | Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di hadapan teman-teman kalian! |
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 8. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Tes | Contoh Tes | |||||||
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW | Sejarah Nabi Muhammad SAW | Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW | Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW | Tes tulis | Uraian | Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi |
Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW | Tes tulis | Uraian | Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW! | ||||||
Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah SAW! | ||||||
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Makkah. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Makkah! | ||||||
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Madinah. | Portofolio | Karya tulis | Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Muslim di Madinah! | ||||||
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa. | Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk merumuskan berbagai misi kerasulan Muhammad SAW di muka bumi. | Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW khusus untuk umat Islam. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW, khususnya bagi umat Islam! | 2 x 40 Menit | E.J.L.V.Y | Mengenal, mengamati dan mengkritisi | |
Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa. | Tes tulis | Uraian | Jelaskan di antara misi kehadiran Nabi Muhammad SAW, bagi umat manusia pada umumnya! |
Mengetahui Kepala Sekolah DRS. DALIDJAN Nip: 1956110119900301001 | Purwosari, Juli 2010 Guru Mata Pelajaran JONDRA PIANDA Nip: |
DAFTAR RUJUKAN
BUKU- BUKU
A. Hasjmy. (1995). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. V.
B. Toto Suryana dkk. (1996). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.
C. Ahmad Amin.(1931). Al- Akhlaq.Mesir: Dar Al- Kitab
D. Badri Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12.
E. Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
F. Departemen Agama RI. (2001). Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Departemen Agama RI.
G. Endang Saifuddin Anshari. (1992). Kuliah Al-Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Edisi 2. Cet. Ke-2.
H. Fatchur Rahman. (1985). Ikhtishar Musthalahul Hadits. Bandung: Al-Ma’arif. Cet. Ke-4.
I. Hamzah Ya’qub. (1988). Etika Islam: Pembinaan Akhlakulkarimah (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet Ke-4.
J. Hanafi Arif Mahfudin.(2007).Pendidikan Agama Islam Untuk SMP Kelas VII.Surakarta:Buana Raya
K. Humaidi Tatapangarsa. (1991). Akhlak Yang Mulia. Surabaya: Bina Ilmu.
L. Ibn Rusyd.Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid (terj.). Imam Ghazali Said, MA.2002.Analisa Fiqh Para Mujtahid.Jakarta:Pustaka Amani
M. Joesoef Sou’yb. (1979). Sejarah Daulat Khulafaur Rasyidin. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. I.
N. Quraish Shihab. (1997). Tafsir Al-Qur’an Al-Karim: tafsir atas Surat-Surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Jakarta: Pustaka Hidayah.
O. Marzuki. (2006). Prinsip Pokok Akhlak Mulia. Draf buku belum diterbitkan. Yogyakarta: UPT MKU UNY.
P. Muhammad Abdul Aziz Al Khuli.(Tt).Al Adab Al Nabawi.Beirut:Dar al-Fikr
Q. Muhammad Daud Ali. (2000). Pendidilkan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-3.
R. Muhammad Yusuf Musa. (1988). Islam Suatu Kajian Komprehensif. Alih bahasa oleh A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Pertama.
S. Nailun Nursa’adah.(2007).Ilmu Tajwid Praktis.Yogyakarta:Pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Krapyak
T. Nasruddin Razak. (1993). Dienul Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif. Cet. Ke-11.
U. Rahmat Djatnika. (1996). Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas. Cet. Ke-2.
V. Rasjid Sulaiman.1994.Fiqih Islam.Bandung, Cet.2: Sinar Harapan Algensindo
W. Salman Bin Umar As- Sunaidi.Tadabbur Al- Qur’an (trj.). Jamaluddin.(2008).Mudahnya Memahami Al-Qur’an. Jakarta:Darul Haq
X. Sayyid Sabiq. (1991). Aqidah Islam (Ilmu Tauhid). Alih bahasa oleh Moh. Abdai Rathomy. Bandung: C.V. Diponegoro. Cet. X.
Y. Sayyid Sabiq. (1992). Fiqh Al-Sunnah. Beirut: Dar al-Fikr.
Z. Sulaiman Rasjid. (1976). Fiqh Islam (Hukum Fiqh Lengkap). Jakarta: Penerbit At-Tahiriyah. Cet. Ke-17.
a. Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Baz.Tuhfatul Bi Ajnibathin Muhammatin Tata’allaqu Bi Arkanil Islam (terj.). Mudzakkir Muhammad Arif MA.(2003).Ttp.:UII Press
Å. Teungku Hasbi Ash- Shiddieqy.(2003) Kuliah Ibadah.Semarang:PT. Pustaka Rizki Putra
Ä. Tim Editor.(1999).Orientasi Nilai- Nilai Dasar Islam.Yogyakarta: UII Press
CC. Tim Penyusun.2002.Islamuna: Bimbingan Shalat dan Bacaan Al Qur’an.Yogyakarta: LPPAI UII
DD. Tim Abdi Guru.(2007).Ayo Belajar Agama Islam Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
EE. Tim penyusun .Tt. LKS Mapel Pendidiikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII. Ttp: Tp
SOFWARE
A. An-Nawawi.Riadhus shAlihin.
B. Imam Al-Bukhari. Al-Shahih
C. Imam Muslim. Al-Shahih
D. Ilmu Tajwid dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar