Muslimspot.com

Senin, 14 Maret 2011

KKM Mapel PAI Kelas 7 SMP


KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)

Satuan Pendidikan                   : SMP Negeri I Purwosari
Kelas/ Semester                       : VII  
Mata Pelajaran                         : Pendidikan Agama Islam
Tahun Pelajaran                       : 2010/  2011

 

NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake Siswa
KKM
1
 Menerapkan hukum bacaan Al- Syamsiyah  dan Al-Qamariyah


 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Al- Syamsiyah  dan Al-Qamariyah
 Hukum bacaan Al- Syamsiyah  dan Al-Qamariyah


2
2
3
77.78
 1.2 Membedakan hukum bacaan Al- Syamsiyah  dan Al- Qamariyah.
2
2
3
77.78
 1.3 Menerapkan bacaan Al-  Syamsiyah  dan Al- Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
2
2
3
77.78
2
Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT
 2.1 Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.
 Iman kepada Allah SWT



2
2
2
66.67
 2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2
2
2
66.67
 2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2
2
2
66.67
 2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
2
2
2
66.67
3
 Memahami Asmaul Husna



 3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
Sepuluh Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan  Al-Shabur).
3
2
2
77.78
3.2     Mengamalkan isi kandungan sepuluh Asmaul Husna.
2
2
3
77.78













NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake
Siswa
KKM
4
 Membiasakan prilaku terpuji


 4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
 Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar) 
2
3
2
77.78
 4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
2
2
2
66.67
4.3 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
2
2
2
66.67
5
Memahami ketentuan- ketentuan thaharoh
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.
 Thaharoh (bersuci)



2
3
2
77.78
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.
2
3
2
77.78
5.3 Menjelaskan perbedaan hadats dan najis.
2
3
2
77.78





6
 Memahami tata cara shalat wajib


6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.
Shalat wajib
2
3
2
77.78
6.2  Mempraktik-an shalat wajib.
2
2
3
77.78
7
Memahami tata cara shalat berjama’ah dan munfarid (sendiri).

 7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
 Shalat berjama’ah

2
3
2
77.78
 7.2  Mempraktik-an shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).
2
3
2
77.78
8
Memamhami sejarah Nabi Muhammad SAW

 8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
 Sejarah Nabi Muhammad SAW





2
3
2
77.78
 8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa.
2
3
2
77.78

















NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake
Siswa
KKM
9
 Menerapkan hukum bacaan “Nun” mati/ tanwin dan “Mim” "mati


9.1       Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.
 Hukum bacaan “Nun” mati/tanwin dan “Mim” mati. 
2
3
2
77.78
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.
2
3
2
77.78
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
2
2
2
66.67
10
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat Allah SWT
10.1     Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
 Iman kepada Malaikat Allah SWT



2
3
2
77.78
10.2     Menjelaskan  tugas-tugas Malaikat.
2
3
2
77,78
11
Membiasakan perilaku terpuji
11.1    Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
Perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet dan teliti)
2
3
2
77.78
11.2    Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
2
2
2
66.67
11.3    Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
2
2
2
66.67
12
Memahami Tatacara shalat jum’at
122.1 Menjelaskan ketentuan- ketentuan shalat jum’at.
Tatacara Shalat  jum’at
2
3
3
77.78
12.2 Memprraktikkan shalat jum’at
2
3
3
77.78
13
Memahami Tatacara shalat jamak dan qashar
Menjelaskan tatacara shalat jamak dan qashar.
Tatacara shalat jamak dan qashar
2
3
3
77.78
Mempraktikkan shalat jamak dan qashar
2
3
3
77.78



















NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake
Siswa
KKM
14




Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
14.1 Menjelaskan misis Nabi SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
Sejarah Nabi Muhammad SAW
3
3
2
77.78
14.2 Menjelaskan misi Nabi sebagai rrahmat bagi seluruh alam, pembawa kedamaian, keseejahteraan dan kemajuan masyarakat
3
3
2
77.78v
14.3 Meneladani perjuangan Nabi SAW dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
3
3
2
77.78
JUMLAH
966.67
RATA- RATA KKM
75.27

Mengetahui
Kepala Sekolah


DRS. DALIDJAN
Nip: 1956110119900301001
Purwosari,     Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


JONDRA PIANDA
Nip:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar