Muslimspot.com

Senin, 14 Maret 2011

Silabus Mapel PAI Kelas 7 SMP

S I L A B U S
Sekolah : SMP Negeri I Purwosari
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Pelajaran : 2010/2011






Standar Kompetensi (Al-Qur’an): 1. Menerapkan Hukum Bacaan Al- Syamsiyah dan AL- Qamariyah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
1.1. Menjelaskan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al-Qamariyah
Hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Al- Syamsiyah secara mandiri dengan percaya diri dengan bahasa yang santun.
Tes tulis
Pilihan ganda dan uraian
Apakah arti lafal Syamsiyah?
Bagaimana cara membaca bacaan idgham syamsiyah? Jelaskan!
1 x 40 Menit
E.J.S.W, DD, EE
Mandiri, percaya diri, santun, cermat, berfikir logis dan kritis, bertanggungjawab dan santun.
Menyebutkan contoh-contoh bacaan Al- Syamsiyah secara mandiri dengan percaya diri.
Tes tulis
Di antara bacaan Al- Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
a.
b.
c.
d.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Al- Qamariyah secara mandiri dengan percaya diri dengan bahasa yang santun.
Tes tulis
§ Apakah arti lafal Qamariyah?
§ Bagaimana cara membaca bacaan izhar qamariyah? Jelaskan!
Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan Al- Qamariyah secara mandiri dengan percaya diri.
Tes tulis
Di antara bacaan Al- Qamariyah seperti di bawah ini, kecuali:
a. b.
c. d.
1.2 Membedakan hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah.
Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum bacaan Al- Syamsiyah dengan hukum bacaan Al- Qamariyah.
Murid mampu membedakan lafaz yang mengandung Al- Syamsiyah dengan Al-Qamariyah dari segi tulisan secara mandiri dengan percaya diri, kritis dan bertanggungjawab.
Tes tulis
Pilihan ganda
§ Lafaz mengandung bacaan Al …
a. Ikhfai syafawi
b. Izhar qamariyah
c. Idgham syamsiyah
d. Izhar halqi
§ Lafaz mengandung bacaan Al …
a. Ikhfai syafawi
b. Izhar qamariyah
c. Idgham syamsiyah
d. Izhar halqi
1x 40 Menit
E.J.S.W, DD, EE
Mandiri, percaya diri, santun, cermat, berfikir logis dan kritis, bertanggungjawab dan santun.
Murid mampu membedakan lafaz yang mengandung Al- Syamsiyah dengan Al-Qamariyah dari segi bacaan secara mandiri dengan percaya diri, kritis dan bertanggungjawab.
Tes tulis
Soal uraian
§ Ketika membaca Al Syamsiyah, bunyi lam- nya melebur kedalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca Al Qamariyah, bunyi lainnya…
1.3 Menerangkan bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
Siswa menelaah QS. al- Dluha dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan contoh-contoh hukum bacaan Al- Syamsiyah dan Al- Qamariyah.
Murid mampu mempraktikkan bacaan Al- Syamsiyah dalam QS. al- Dluha secara mandiri atau kolektif dengan percaya diri dan santun.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
Carilah bacaan-bacaan Al- Syamsiyah dalam QS. al- Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
2 x 40 Menit
E.J.S.W, DD, EE
Mandiri/ kolektif, percaya diri, berfikir logis dan kritis, cermat bertanggungjaw-ab dan santun.
Murid mampu mempraktikkan bacaan Al-Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat secara mandiri atau kolektif dengan percaya diri dan santun.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
Carilah bacaan-bacaan al- Qamariyah dalam QS. al- ‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja anda!
Mengetahui
Kepala Sekolah
DRS. DALIDJAN
Nip: 1956110119900301001
Purwosari, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
JONDRA PIANDA
Nip:
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT Melalui Pemahaman Sifat- Sifat-Nya.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
2.1 Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.
Iman kepada Allah
Siswa membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan iman kepada Allah serta mempelajari arti dan kandungan isinya.
Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
Tes Literal
Praktik
Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud)!
2 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Menyebutkan dan menghafal
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, MukhAlafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes Literal
Praktik
Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat Baqa’!
Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan KAlam).
Tes Literal
Unjuk kerja
Bacalah dengan fasih ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah ini:
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
Siswa mencari ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar.
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
Tes tulis
Pilihan ganda
Ayat al-Qur’an yang berbunyi:
menunjukkan sifat Allah:
a. Wujud
b. Wahdaniyah
c. Qudrah
d. Iradah
2 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Menyebutkan dan memahami.
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat sAlbiyah (Qidam, Baqa’, MukhAlafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes tulis
Pilihan ganda
Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat ini adalah:
a.
b.
c.
d.
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu dst.)
Tes Literal
Jawaban singkat
Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat sama’ di bawah ini:
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
Siswa mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya.
Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian iman kepada Allah!
1 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Mengenal, mengamati, berfikir logis dan mengkritisi
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
Penugasan
Pekerjaan rumah
Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam satu minggu lalu buatlah laporannya!
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-Nya!
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.
Penugasan
Pekerjaan rumah
Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.
Tes tulis
Pilihan ganda
Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh disebut:
a. sabar
b. ikhtiar
c. tawakkal
d. qana’ah
1 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Menerapkan
Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah dan sebutkan bukti-bukti konkretnya!
Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan!
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)
Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Qur’an terkait dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur).
Membaca ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur).
Tes Literal
Praktik
Bacalah ayat-ayat al-Qur’an dengan fasih yang berkaitan dengan salah satu Asmaul Husna (Al-‘Aziz)!
2 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Memahami dan menghafal
Menerjemahkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur).
Tes tulis
Jawaban singkat
Terjemahkan ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna (Al-Aziz):
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.
Siswa berdiskusi tentang bentuk-bentuk pengamalan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur).
Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
Kuis
Jawaban singkat
Jelaskan arti Asmaul Husna dari segi bahasa!
2 x 40 Menit
X.T.R.Q.
J.G.E
Menerapkan
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.
Penugasan
Pekerjaan rumah
Tunjukkan satu contoh aktivitas di keluargamu yang mencerminkan pengamalan dari salah satu Asmaul Husna (Al-Wahhab)!
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.
Tes unjuk kerja
Simulasi
Tunjukkan aktivitas-aktivitas di sekolahmu yang mencerminkan pengamalan salah satu dari 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)!
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi dan Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.
Penugasan
Pekerjaan rumah
Survey di masyarakat tentang berbagai aktivitas yang merupakan pengamalan dari 10 Asmaul Husna (Al-SAlam, Al-‘Aziz, Al-KhAliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur), lalu buatlah laporannya!


Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan Perilaku Terpuji.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Waktu Alokasi
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar)
Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian tawadlu dan tunjukkan dalilnya!
2 x 40 Menit
C.I.J.K.P.U
Mengenal, mengamati dan mengkritisi.
Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian taat dan tunjukkan dalilnya!
Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian qana’ah dan tunjukkan dalilnya!
Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan pengertian shabar dan tunjukkan dalilnya!
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan sikap tawadlu, taat, qana’ah, dan shabar.
Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.
Tes tulis
Pilihan ganda
adalah dalil naqli tentang sifat:
a. Sabar
b. Tawadlu
c. Taat
d. Qana’ah
2 x 40 Menit
C.I.J.K.P.U
Mengidentifikasi dan menyebutkan
Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.
Tes Literal
Jawaban singkat
Berilah contoh satu perbuatan yang menunjukkan perilaku taat kepada Allah!
Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.
Tes tulis
Pilihan ganda
Orang yang selalu merasa cukup terhadap pemberian Allah dinamakan:
a. Taat
b. Tawakal
c. Tawadlu
d. Qana’ah
Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.
Tes Literal
Jawaban singkat
Tunjukkan satu perilaku sabar ketika kalian mendapatkan musibah!
4.3 Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
Siswa memPraktik-kan perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga!
2 x 40 Menit
C.I.J.K.P.U
Menerapkan
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah!
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat!


Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami Ketentuan-Ketentuan Thaharah (Bersuci).
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.
Thaharah (bersuci)
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang thaharah.
Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi.
Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya!
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.
Tes tulis
Pilihan ganda
Di antara hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum adalah:
a. Makan
b. Minum
c. Buang air kecil
d. Muntah
Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan tatacara wudlu dan tayammum!
MemPraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.
Tes unjuk kerja
Praktik
Demontrasikan tatacaa wudlu dan tayammum dengan benar di depan kelas!
Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan perbedaan antara wudlu dan tayammum!
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.
Siswa memPraktikkan berbagai macam ketentuan thaharah dengan diawasi oleh gurunya.
Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi
Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib.
Tes tulis
Pilihan ganda
Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan seseorang ketika:
a. Buang air besar
b. Shalat Jum’at
c. Hadats besar
d. Shalat fardlu
Menjelaskan tatacara mandi wajib.
Tes Literal
Jawaban singkat
Jelaskan tatacara mandi wajib dengan singkat!
Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.
Tes unjuk kerja
Praktik
Demonstrasikan mandi wajib secara singkat di hadapan teman-teman kalian!
5.3 Menjelaskan perbedaan hadats dan najis.
Siswa mengidentifikasi berbagai contoh hadats dan najis sehingga mampu membedakan antara keduanya.
Menjelasakan pengertian hadats dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.
Tes tullis
Uraian
Jelaskan pengertian hadats dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengidentifikasi dan membedakan.
Menyebutkan macam-macam hadats dan cara mensucikannya.
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan macam-macam hadats dan cara mensucikannya!
Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.
Tes tulis
Pilihan ganda
Kencing anak kecil yang belum berumur dua tahun dan belum makan apa-apa selain air susu ibu dinamakan najis:
a. Mukhaffafah
b. Mutawasithah
c. Mughallazhah
d. Mutmainnah
Menyebutkan perbedaan antara hadats dan najis.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan perbedaan antara hadats dan najis!


Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami Tata Cara Shalat Wajib.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.
Shalat wajib
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat memahami ketentuan tentang shalat wajib dengan lengkap.
Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi
Menyebutkan syarat-syarat shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan syarat-syarat shalat!
Menyebutkan rukun-rukun shalat.
Tes tulis
Pilihan ganda
Membaca takbiratul ihram ketika shalat merupakan salah satu ... shalat.
a. Wajib
b. Rukun
c. Sunnah
d. Mubah
Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan beberapa sunnah shalat!
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
Sebutkan beberapa hal yang membatalkan shalat!
6.2 Mempraktik-an shalat wajib.
Siswa memPraktikkan shalat wajib di hadapan gurunya.
Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib)!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Menerapkan
Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.
Tes Literal
Jawaban singkat
Tunjukkan salah satu bacaan pokok (wajib) dalam shalat!
Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.
Tes unjuk kerja
Praktik
Peragakan gerakan ruku’ dan i’tidal yang benar!
MemPraktikkan shalat wajib secara benar.
Tes unjuk kerja
Praktik
Praktikkan shalat wajib (shubuh) dengan benar di hadapan teman-temanmu!


Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami Tata Cara Shalat Jama’ah dan Munfarid (Sendiri).
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
Shalat Berjama’ah
Siswa berdiskusi dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang lengkap tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya.
Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi
Menjelaskan pengertian shalat munfarid.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian shalat munfarid!
Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid!
Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah!
7.2 Mempraktik-an shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).
Siswa memPraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid bersama teman-temannya di sekolah.
Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
Tes Literal
Jawaban singkat
Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Menerapkan
Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
Tes Literal
Jawaban singkat
Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid!
MemPraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.
Tes unjuk kerja
Praktik
Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah bersama teman-teman kalian!
MemPraktikkan shalat munfarid di sekolah.
Tes unjuk kerja
Praktik
Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di hadapan teman-teman kalian!
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 8. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk
Tes
Contoh Tes
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
Sejarah Nabi Muhammad SAW
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW
Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW
Tes tulis
Uraian
Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi
Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
Tes tulis
Uraian
Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW!
Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah SAW!
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Makkah!
Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Portofolio
Karya tulis
Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Muslim di Madinah!
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa.
Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk merumuskan berbagai misi kerasulan Muhammad SAW di muka bumi.
Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW khusus untuk umat Islam.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW, khususnya bagi umat Islam!
2 x 40 Menit
E.J.L.V.Y
Mengenal, mengamati dan mengkritisi
Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan di antara misi kehadiran Nabi Muhammad SAW, bagi umat manusia pada umumnya!
Mengetahui
Kepala Sekolah
DRS. DALIDJAN
Nip: 1956110119900301001
Purwosari, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
JONDRA PIANDA
Nip:
DAFTAR RUJUKAN
BUKU- BUKU
A. Hasjmy. (1995). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. V.
B. Toto Suryana dkk. (1996). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Tiga Mutiara.
C. Ahmad Amin.(1931). Al- Akhlaq.Mesir: Dar Al- Kitab
D. Badri Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12.
E. Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
F. Departemen Agama RI. (2001). Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Departemen Agama RI.
G. Endang Saifuddin Anshari. (1992). Kuliah Al-Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Edisi 2. Cet. Ke-2.
H. Fatchur Rahman. (1985). Ikhtishar Musthalahul Hadits. Bandung: Al-Ma’arif. Cet. Ke-4.
I. Hamzah Ya’qub. (1988). Etika Islam: Pembinaan Akhlakulkarimah (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet Ke-4.
J. Hanafi Arif Mahfudin.(2007).Pendidikan Agama Islam Untuk SMP Kelas VII.Surakarta:Buana Raya
K. Humaidi Tatapangarsa. (1991). Akhlak Yang Mulia. Surabaya: Bina Ilmu.
L. Ibn Rusyd.Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid (terj.). Imam Ghazali Said, MA.2002.Analisa Fiqh Para Mujtahid.Jakarta:Pustaka Amani
M. Joesoef Sou’yb. (1979). Sejarah Daulat Khulafaur Rasyidin. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. I.
N. Quraish Shihab. (1997). Tafsir Al-Qur’an Al-Karim: tafsir atas Surat-Surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Jakarta: Pustaka Hidayah.
O. Marzuki. (2006). Prinsip Pokok Akhlak Mulia. Draf buku belum diterbitkan. Yogyakarta: UPT MKU UNY.
P. Muhammad Abdul Aziz Al Khuli.(Tt).Al Adab Al Nabawi.Beirut:Dar al-Fikr
Q. Muhammad Daud Ali. (2000). Pendidilkan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-3.
R. Muhammad Yusuf Musa. (1988). Islam Suatu Kajian Komprehensif. Alih bahasa oleh A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Pertama.
S. Nailun Nursa’adah.(2007).Ilmu Tajwid Praktis.Yogyakarta:Pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Krapyak
T. Nasruddin Razak. (1993). Dienul Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif. Cet. Ke-11.
U. Rahmat Djatnika. (1996). Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas. Cet. Ke-2.
V. Rasjid Sulaiman.1994.Fiqih Islam.Bandung, Cet.2: Sinar Harapan Algensindo
W. Salman Bin Umar As- Sunaidi.Tadabbur Al- Qur’an (trj.). Jamaluddin.(2008).Mudahnya Memahami Al-Qur’an. Jakarta:Darul Haq
X. Sayyid Sabiq. (1991). Aqidah Islam (Ilmu Tauhid). Alih bahasa oleh Moh. Abdai Rathomy. Bandung: C.V. Diponegoro. Cet. X.
Y. Sayyid Sabiq. (1992). Fiqh Al-Sunnah. Beirut: Dar al-Fikr.
Z. Sulaiman Rasjid. (1976). Fiqh Islam (Hukum Fiqh Lengkap). Jakarta: Penerbit At-Tahiriyah. Cet. Ke-17.
a. Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Baz.Tuhfatul Bi Ajnibathin Muhammatin Tata’allaqu Bi Arkanil Islam (terj.). Mudzakkir Muhammad Arif MA.(2003).Ttp.:UII Press
Å. Teungku Hasbi Ash- Shiddieqy.(2003) Kuliah Ibadah.Semarang:PT. Pustaka Rizki Putra
Ä. Tim Editor.(1999).Orientasi Nilai- Nilai Dasar Islam.Yogyakarta: UII Press
CC. Tim Penyusun.2002.Islamuna: Bimbingan Shalat dan Bacaan Al Qur’an.Yogyakarta: LPPAI UII
DD. Tim Abdi Guru.(2007).Ayo Belajar Agama Islam Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
EE. Tim penyusun .Tt. LKS Mapel Pendidiikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII. Ttp: Tp
SOFWARE
A. An-Nawawi.Riadhus shAlihin.
B. Imam Al-Bukhari. Al-Shahih
C. Imam Muslim. Al-Shahih
D. Ilmu Tajwid dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar